Monday, June 16, 2014

Jangan Sok Kuat

Manusia memang makhluk unik. Saking uniknya, mungkin kalau digambarkan dalam sebuah adegan kartun hubungan antara manusia dengan Tuhan akan seperti ini...

M (manusia) : Waah.. Tuhan, terima kasih, buat hari yang indah ini, terima kasih buat kasihMu yang begitu besar.. Duuh.. rasanya ga sanggup melakukan hal yang besar buat ungkapkan betapa dahsyatnya Engkau.. KaryaMu tak terselami.. blablabla.. (critanya manusia lagi memuji Tuhan)

T (Tuhan) : hemm.. ya.. bagus kalau kamu sadari hal itu..

M : sadar dong Tuhan.. :) sekarang aku mau beraktifitas dulu yah.. berkati hambaMu ini... amiinn...

T : hati-hati, ya.. jaga diri.. si jahat ada di mana-mana..

M : Tenang aja, Tuhan.. hari ini aku lagi fit kok.. Tuhan lihat sendiri kan.. akhir-akhir ini aku lebih rajin berdoa, Saat Teduh ga bolong.. okesip deh, Tuhan

Beberapa jam kemudian... Manusia yang sok kuat itu mulai asyik dengan kerjaannya, dan tidak membawanya dalam Tuhan. Padahal Tuhan ada di dekatnya, tapi dicuekin gitu aja.. "bentar ya, Tuhan, lagi tanggung ni.. ntar kita ngobrol lagi.." begitu cara manusia mulai "menjauh" dari Tuhan. Dalam dirinya sadar bahwa Tuhan ada, tidak jauh.. tapi ga ada komunikasi intens denganNya.. yah.. mirip2 sama nyuekin pasangan dengan gadget kitalah..

T : ehemm.. apa yang kamu lakukan? Kenapa kamu dekat banget sama si jahat?

M : ... (pura-pura ga dengar).. tenang aja Tuhan.. aku gapapa kok..

T : Hei... hati-hati.. jangan jatuh dalam... 
Suara Tuhan semakin sayup karena manusia lebih mendengar godaan si jahat..

Manusia kembali jatuh dalam dosa, bukan karena dia terlalu jauh dari Tuhan. Justru karena manusia merasa kuat, merasa kondisi rohaninya lagi sehat, merasa Tuhan dekat... manusia jadi sok kuat, akhirnya kualat..

M : Tuhaaan.. ampuni aku.. aku ngaku.. aku jatuh dosa lagi.. dan lagi.. 

T : Yah.. bagaimana pun.. aku akan selalu memberikan pengampunan dalam tiap pertobatan.. tapi, tidakkah kamu ingin jadi manusia yang lebih kuat?

M : Mau, Tuhan.. aku mau lebih kuat.. aku mau benar-benar lepas dari jerat si jahat.. tapi bagaimana caranya Tuhan?

T : jangan sok kuat.. 

M : ???

Kalo kamu masih sebangsa dengan manusia, jangan merasa sok kuat. Saat sepertinya Tuhan itu dekat, saat kamu merasa bisa mengatasi tiap jerat si jahat, kamu mulai merenggangkan peganganmu dariNya, mulai mengabaikan peringatanNya.. ingat, saat itulah si jahat menggunakan akal sehat.. dia menggoda dengan gencarnya.. mencermati tiap celah yang mungkin tak terlihat.. melempar sebanyak mungkin godaan yang membuat kita terpikat... dan terjerat.. 
Jadi intinya : jangan sok kuat..!!!

No comments:

Post a Comment